UJIAN itu….

apakah yang namanya cobaan dapat dikatakan ujian pula…..?
apakah setiap ujian itu harus dilalui sampai dikatakan lulus…..?
dan apakah kelulusan itu hanya dilihat dari nilai?

YANG PENTING ADALAH PROSES KITA MELALUINYA. seorang bijak berkata belajar tidaklah harus pintar…yang terpenting paham. kepahaman seseorang akan terlihat sendiri tanpa orang tersebut mengatakan kalau dia pintar.

santri yang hidup di pondok sambil belajar di madrasah, pada akhir tahun pasti mengalami Ujian NAsional, Ujian Pondok, Ujian Madrasah…. kami berbeda dari pelajar luar yang hanya mementingkan ilmu umum. kami memiliki kekhas-an dalam ilmu agama (basic asli santri). namun tak banyak anak yang peduli pada ilmu kepesantrenan. tepatnya malam Kamis, 7 April 2010 siswa-siswi kelas 3 MAU mengaji bersama Abah Mukhlas, beliau mengatakan KELULUSAN tidak dilihat dari lulun dari UN, bahkan beliau beserta para guru ALIYAH telah resmi menetapkan untuk mengadakan UJIAN ILMU KEPESANTRENAN setelah Ujian MAdrasah. Serentak kami mengeluh kecewa. apa maksud tindakan tersebut? terlalu menjadi bebankah itu? adalagi pengurus putri bagian pendidikan mensosisalisasikan dengan hal yang sama untuk Ujian Pesantren yang diadakan pada tanggal 22 dan 23 April 2010…. merekapun mengeluh. lalu apa yang diinginkan??? pengurus tersebut memberikan kata-kata: janganlah dijadikan beban tapi kewajiban….. tepat sekali.

hufh… padahal kita selalu menghadapi ujian setiap waktu… memerangi hawa nafsu terutama…… apakah ijazah, atau ridho kyai dan guru yang dicari………………..

lalu ujian itu…………………………….? >_<

Facebook Comments

4 Responses to “UJIAN itu….”

  1. damai berkata:

    MAAF, aku tak bisa berkomentar,
    hadapilah dengan senyuman
    🙂

  2. 49oe5 berkata:

    Ya… Emang sih…
    Segala sesuatu harus kita lalui
    Dengan tetap menjunjung Prasangka Baik
    dan sgala sesuatu pasti ada manfaatnya.
    Saya pribadi melihat ;
    Seabreg kegiatan santri
    Sebanyak tuntutan tuk kelas xii
    Sebanyak administrasi yang harus diselesaikan
    segudang keinginan tuk melanjutkan cita-cita
    ….
    Bagi santri yang “tertib” ;
    tertib segala hal
    Semuanya biasa-biasa saja
    dan Insya Alloh mudah tuk dilalui
    Salam
    Smoga Semua slalu menjadi baik
    akhirnya
    Amiin

  3. anistok berkata:

    Cobaan = Ujian
    Ujian -> Lulus
    Lulus = Nilai.

    Andai engaku mengartikan kehidupan ini adalh sebuah ujian besar, dan ada tim penilai (malaikat) yang selalu menghitungmu. Dan hasil dari Hitungan itu yang mengantarkan kamu lulus atau tidak, shingga kau termasuk orang2 yang mendapat nikmat-Nya. Hmm