Sakit Gigi, toothache

Ku tulis ini saat tak kuat menahan tawa juga rasa prihatin, melihat Daddy yang terus mengaduh, sakit gigi.

Jadi teringat pertanyaan Dad yang dilontarkan pada mbu seminggu lalu
“bu, apa penyakit gigi bisa mnyebabkan kematian?” tanya sambil menahan kilu yang teramat sangat.. senuuut cenuut.

tidak dijawab, tersenyum. Heem, mbu ini kan pernah merasakan hal yang sama beberapa tahun silam. Berbeda dengan Dad saat ngilu menyerang, dulu, mbu hanya diam, dia dan diam, menahan sakit yang luar biasa.. tapi hal lain, Dad, sekarang, setiap ‘kumat’ sering gaduh sendiri, orang lain dilarang berbicara (haha, emang ngaruh gitu bisa membaik? ckck).

okay, ini menjadi pemikiran saya.. search ke mbah gugel.. tentang sakit gigi.. mampir ke mba wikipedia.. ini dia: Sakit gigi adalah rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

Silahkan mampir juga k http://adproindonesia.multiply.com/journal/item/141?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

Benarkah gigi berlubang dapat menyebabkan kematian? Jawabannya adalah ya, apabila gigi tersebut tidak dirawat dan kondisi tubuh yang lemah. Gigi yang berlubang, dapat menjadi jalan yang cukup besar bagi bakteri untuk dapat masuk ke dalam tubuh.

Masalah utama yang menyebabkan sakit gigi, adalah lubang pada gigi yang dimasuki bakteri. Infeksi yang terjadi pada gusi dan akar gigi dapat menjalar ke berbagai organ vital, dan menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Infeksi dari bakteri ini sebenarnya dapat dilawan karena tubuh kita memiliki sel-sel yang berperan sebagai daya tahan tubuh.

Sebenarnya untuk menghindari kematian akibat infeksi dari gigi sangatlah mudah. Cukup dengan menyikat gigi dengan baik, benar dan waktunya tepat yaitu minimal 2 kali sehari, pada pagi hari sesudah makan dan pada malam hari sebelum tidur. Serta rutin untuk memeriksa kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

well, reader.. semoga bermanfaat ^^/

Facebook Comments

Comments are closed.