KISAH III_RAMADHAN 1430 H

Selesai kegiatan BSK, tepatnya 18 September 2009 acara selesai…. dari Bandung para peserta pulang ke rumah masing-masing, ada juga yang ke pondok karena ada tugas tau ingin lebaran di pondok. Ara harus jaga ke pondok sampai 21 syawal… tapi hari itu adalah hari bersejarah buat ibu, adikku(Abib) dan keluargaku…. karena hari itu ibu telah memperjuangkan nyawanya buat melahirkan Abib ke dunia….. maka ku putuskan tuk mampir ke Cirebon….. dari bandung ke Cirebon…. besoknya 19 September ku berangkat ke pondok dan lebaran disana karena alasan tugas jaga 3 hari. Walaupun [ondok sepi tapi selagi ada tuga….ga da istilah nganggur… tempat kerja kami…. ya dimana lagi selain di GEDUNG DPRnya pondok…. buat minuman tuk para tamu Abah Yai…..

Sedikit juga yang menyisakan waktu lebaran di pondok….. berhubung ini tahun terakhir Ara di pondok….so why not???

Selesai tugas ku pulang ke Brebes dulu, rumah Ua…. ketemu saudra-saudara dan ponakan2 yang lutu2…. menyambung silaturahmi itu perlu. Dari brebes ke Cirebon…. istirahat 5 jam langsung menuju Tasikmalaya tuk kumpul keluarga besar dari ibunda….

Di tasik banyaknya saudara dah pada kuliah….. ku tanya-tanya masalah universitas yang baik tuh gimana….da juga yang bersedia ngajarinku buat facebook…hehe…. mancing…. banyak kegiatan deh…. hanya  3 hari disana langsung pulang lagi ke Cirebon…..

Liburan di rumah…… silaturahmi ma guru-guru and teman-teman SD,SMP,,,, SMSan… berbagi pengalaman…..

Samapai akhirnya tanggal 27 September 2009 menjadi hari liburan terakhir di rumah…… semoga waktu ku bermanfaat yah….. sampai lupha…. pa Katno (guru Kimia) berpesan tuk semua siswa, liburan harus bawa LKS KIMIA…. yah ku turuti seh….tapi jarang2 dibuka khan pesannya Cuma bawa…gak dipelajari…..hahaha(jangan diikuti)…terus ku belum belajar integral matematika….coz aku belum ulangan sendiri….karena kemarin sakit mata cukup parah….. bu  Ani berkata: Ara ulangannya nunggu matanya sembuh…habis lebaran……………………………

KESAN: Pengabdian itu berarti ketika kita ikhlas dan sabar menjalaninya….

Cobaan itu menjadi kekuatan tuk orang yang dapat menyelesaikannya, bukan menyerah.

Belajar bukan hanya dapat dari duduk dibangku sekolahan….tapi dapat dari kehidupan juga….pengalaman adalah guru terbaik.

Read Users' Comments (5)

KISAH II_RAMADHAN 1430

Selepas masa aktif kegiatan pondok dan madrasah… para santri diizinkan pulang dengan ketentuan-ketentuan tertentu. Ada juga kegiatan ORDA (Organisasi Daerah) yang menyelenggarakan Bakti Sosial Keagamaan (BSK) di daerahnya masing-masing selama seminggu. Banyak santri yang mengikutinya… dengan alasan tambah pengalaman, ikut-ikutan, belajar mengajar, dan banyak alasan lain. Termasuk diri ini… tuk mencoba aktif di ORDA…. ISABA (Ikatan Santri Al Hikmah Jawa Barat). Bertempat di Batununggal Bandung,12-18 September 2009,dengan dikordinir oleh panitia(secretariat) dan pembina ORDA acara berlangsung sukses walau awalnya ada beberapa kendala.

POS 3 adalah tempat saya mengajar…tepatnya di MADRASAH JATI AL-BAROKAH di Jalan Jati Mulya I No.44 Bandung. Jumlah pos yang ada,3 pos di Desa Batununggang dan 4 pos di Rancaekek. Jadi jumlah total pos BSK ISABA ada 7 pos. Boleh dikata pos 3 ini beda dari pos yang laion dikarenakan pos ini hanya dihuni oleh 3 orang putri saja, tanpa putra. Pos yang lain sampai berisikan 6-7 orang (Pa Pi).

Ara, Ami, dan Dwi…..Ara dan Ami dari Cirebon dan Dwi dari Kuningan…. Ami dan Dwi dari MMA dan Ara dari MAU…. Kami saling melengkapi…. kegiatan setiap pos berbeda…. beda dari pos lain, pada pagi hari (subuh) kami mengadakan dialog interaktif bersama para ibu sekitar…. kami senang karena mereka begitu aktif dan semangat bertanya pada kami…disanalah kami belajar…berdiskusi…dan berbagi. Adapun dari pos 1 bergabung bersama kami dikarenakan kosongnya kegiatan pada pagi hari…..selesai mengaji bersama ibu-ibu… kegiatan dilanjutkan bersama anak-anak…. dari TK-2 SMP. Begitu ramai mereka…. ada-ada saja sifatnya…. banyaknya mereka mudah menagkap pelajaran…karena sudah ada dasar sebelumnya, jadi kami tak begitu kesulitan belajar bersama. Permainan-permainanpun membuat mereka lebih semangat…… ah.. begitu indah bersama mereka. Siangnya kami memasak tuk buka puasa… masak sendiri membuat kekompakan kami ber3 lebih lengkap dan mandiri…. walau kadang suka ketiduran….hehe. sorenya anak-anak sudah memanggil-manggil tuk belajar lagi….. malam kami sholah taraweh bersama di madrasah…. selesainya ada semacam diskusi atau sekedar obrolan-obrolan bareng warga atau dapat dikata sesepuh sekitar…. tadaruspun tidak begitu berjalan karena terlalu malam.

Teh Ani dan A Ahmad yang memiliki bayi ZIA…. adalah tuan rumah kami…. mereka begitu baik menyambut kami…… kami bebas disana, seperti rumah sendiri… sebenarnya ini kurang menantang… karena fasilitas lengkap, dari TV sampai Warung-Warung JAJanan yang buat kantong kering…. da juga pasar dan pusat grosir…. padahal bayanganku BSK itu tempatnya terpencil dan begitu menantang….. tergantung dari dapatnya tempat juga seh…. tapi kami enjoy aza..

Ada cerita….orang desa ga tau kota….. saat kami ingin berbelanja kami diberikabar ada pusat pembelanjaan di Bandung yang murah…namanya Pasar Baru…secara kami tertarik kesana….ditemani Teh Tuti kami meluncur….. dengan pakaian khasnya santri,seadanya… gimana seh kalau mau pergi ke pasar… yah ada yang pakai sarung, ada juga yang pakai baju tidur dilapisi jaket…. eh ternyata pasar yang dibayangkan bukan pasar biasa kaya pasar senin atau rabu… the fact itu mall…. wah gak PD neh…. dasar santri…santri….. tapi kami PD za…. serunya lagi sepulang dari Pasar Baru kami diajak anak-anak ke ALISHA, sebuah grosiran getho…. tadinya kami gak tertarik… tapi ketika mereka berkata dengan logat sundanya, ”Teh di ALISHA mah kerudung teh mayar 1000 meunang 4…” percaya gak….ditambah lagi”Muhun teh 2000 meunang 8 aya” ku sanggah:”tahun 2008 kali, ngawur neh…bekasan apa?” nmereka tampak kecewa karena kami tak percaya… Finally kami meyakinkan diri dengan bertanya pada Teh Ani, sebagai orang dewasa(eh udah ibu-ibu dink) ”iya ada, itu pusat grosiran juga…lagi cuci gudang…..deket kok. Minta dianter ma anak-anak za, jalan kaki 10 menit sampai.” dengar penjelasan itu kami langsung kesana…….. penasaran kan…zaman gini kerudung 1000 dapat 4….. ALISHA pusat grosiran dan eceran di Jalan Salendro Utara 27 Bandung. Ternyata benar…. hanya barang-barang tertentu yang obral…. asal bisa milih pasti dapat yang bagus…… kami belikan tuk anak-anak jilbab sebanyak 30 lebih….yang hanya  mengeluarkan uang 10000 saza…..senangnya…..

Tak terasa akhir dari BSK membuat sedih pesrta BSK dan warga… karena kami sudah seperti saudara…. ibu-ibu yang suka ngasih makanan dan kue-kue tuk kami…pos 3… anak-anak yang membuat kami tertawa……. itu semua gak akan terlupakan….

Harapan: semoga masih ada orang yang semangat tuk mengalirkan ilmunya…berbagi pembelajaran… dan semangat dalam mencari ilmu..khususnya ilmu agama. Karena kita ga tau bagaimana kehidupan masa mendatang… ketika pendidikan tersingkirkan daripada kesenangan nafsu belaka.

Read Users' Comments (0)

KISAH I_RAMADHAN 1430 H

Tidak ada bulan yang paling  dinanti oleh umat muslim selain Ramadhan…. Karena keagungan dan keberkahan Ramadhan akan membawa kita pada kemenangan dan kembali pada kesucian nan fitri pada awal Syawal…. hanyalah orang-orang yang merugi yang melewatkannya dengan percuma….acuh…tanpa berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya….. apalagi orang-orang yang hanya menunggu datangnya February yang jatuh pada tanggal 14…yang konon orang menyebutnya Valentine Day… yang menggambarkan hari kasihsayang.

Kembali pada Ramadhan…. tahun ini alangkah sebuah kenikmatan terbesar tuk umat Islam yang masih dipercayai titipan nyawa dari  Allah, khususnya saya… tuk mengikuti Ramadhan 1430 H. Inilah kisah dhara…..

Aktivitas santri Al Hikmah dari tahun ketahun masih sama, pembelajaran yang tetap aktif baik di pondok maupun madrasah dari awal sampai 20 Ramadhan. Jam pelajaran madrasah yang dipercepat karena jam siang dipakai untuk pasaran (ngaji kitab) pondok membuat waktu para santri lebih efisien dan efektif… tidak dipungkiri para guru di madrasahpun tetap semangat mengajar kami…. ada juga guru yang begitu semangat dan baik hati memberikan ulangan atau tes-tes yang hatus memeras otak dan membuat perut bertambah nyut-nyutan….^_^

Tak terasa mendekati hari santri beristirahat tuk puilang ke kampung halaman… para  santri yang sudah tidak sabar dan begitu rindu pada keluarga menunggu hari LIF… Libur Idul Fitri panjangnya. Ada juga santri yang pulang terlebih dahulu tanpa seizin pengasuh dan pengurus pondok, ada yang minta jemputan sebelum hari H…. itu adalah masalah para pengurus agar menanggulangi hal tersebut…. tapi walau bagaimanapun…ketika peraturan dibuat…..pasti disana ada pelanggaran. Kacaunya orang yang punya pikiran ”kalau ada peraturan gak dilanggar itu percuma… paling hukumannya itu-itu aza

yang ada peraturan itu tak berlaku….” saya sendiri pernah mendenganr langsung dari perkataan seseorang. Karena lumrahnya ketika ada peraturan pasti ada hukuman bagi yang melanggar… namun jarang ada penghargaan bagi yang mematuhi…dan ketika orang baik benar..mereka tak dianggap dan tak mendapat pembelaan…..maka keadilan akan musnah, seperti di pondok, pastinya di Indonesia juga.

Pertanyaannya: bagaimana menyadarkan diri sendiri untuk patuh pada aturan yang benar???dan melarang seseorang yang salah tanpa rasa takut?

Read Users' Comments (0)

UntukMU…one

rasaku ini terlanjur tertahan

Lama sudah ku pendam jeritan

Untuk sebuah kerinduan

padamu sang idaman

sampai waktu mengantarkan

raga yang menyapa dengan kata ketulusan

terlihat di mata kejujuran

terciptalah sebuah keindahan

mengulang setumpuk album kenangan

terbayar pada perjumpaan…

kapankah?

Read Users' Comments (2)

KepergianNYA

katakanlah lulusan SD langsung pisah dari orangtua tuk menimba ilmu… pastinya susah kahan? masanya mereka asyik bermain tanpa ada aturan, berbeda dengan kehidupan asrama dengan jadwal tersusun rapih. sebenarnya tergantung dari anak itu sendiri yang beradaptasi… faktor luar hanya beberapa peseb saja yang mendukung. semua dialami oleh…katakan saja adikku.

kini DIA kelas 2 MTs, awal tahun mondok begitu ceria dan lincah… namun roda berputar membawa perubahan padaNYA. kami tak paham akan kejadian pasti yang membuat perubahan itu….. mata yang selalu redup, suara lirih… tangisan….semua ada padanya kini. pertanyaan yang begitu dasar, KENAPA?

padahal DIA hidup bersama 2 kakak kandung walau beda atap kamr….namuhn pastinya ada perhatian lebih dibanding s antri seumuranNYA yang hanya sendiri namun bertahan mondok…. apalagi DIA memiliki Aku yang berperan pengurus….  KENAPA?

Dia pergi, pindah…. karena satu hal yang kami bertiga tak dapat bantu. karena ini sudah dipikirkan dengan matang sehingga menyimpulkan DIA tuk pindah demi kebaikan dan kebahagiaanNYa.

ga menjamin yah ada saudara, kakak bahkan orangtua yang ikut mondokpun agar santri betah…..benar2 dilatih kemandiriaan dan kesabaran hidup…. maka bersyukurlah kami (para santri) yang DAPAt menikmati nyantri……

Read Users' Comments (0)

dekDOK mpe LemBur

Ramadhan…tak pernah KAMI bosan menyambutnya… berlinang pahala dan kemuloiaan… apalagi santri yang bernaung di pondok…. padat aktifitas positif yang menuntut santri untuk terus menimba ilmu… biasa kita sebuat pasaran… dari tidur ampe bangun ampe tidur lagi pasti ketemu ma yang namanya PASARAN… so kita boleh menyatakan kalo di bulan suci kita PACARAN ma PASARAN…… waktu luang yah hari UJumat ini…. paginya saza…coz ga sekolah… tapi anti siang…pasaran pondok yah aktif seperti biasa.  dhara gunain waktu ini tuk refreshhing SEDIKIT aza deh..dengan OL..hehe.

sebenarnya mau membeberkan banyak peristiwa nieh….. taphi tak batasi aza deh..jangan langsung dikhatamkan…. pikiran and tenaga sebelum menyambut ramadhan benar2 terkuras oleh macam2 acara….. apalagi KAMI nieh habis berjuang dalam acara tahunan pondok, Haflah Kubro. alhamdulillah berbuah keberhasilan. piala ditangan  dan kekompakan dan semangat tambah berkobar dijiwa.  selesai tertawa langsung dapat job dalam Khotmil Juz Amma… bagian dekor nieh…. alamat lembur….

lucunya yang ngedekor itu bingung mau ngedekor gimana… maksudnya pengalaman kurang… sesepuhnya pada sibuk nieh…. sebisa mungkin dewh…. ngehias panggung, ampe ga tidur seharian, gak ngantuk juga sieh gimana. akyu yang gak kreatif ginieh dibagian dekor…..jadinya…….gimana getho. tapi asyik juga loch…. corat-coret kuas cat. tahun kemarin masuk kepanitiaan inti jadi kurang paham kerja ginieh, tinggal ngordinir.hehe. berhubung sesepuh pada perhatian, gak mau lihat dhara cape apalagi sakit ditaruh di dekdok dewh.. khan kerjanya cuma semalam… terima paza dewh.

bener2 ga tidur…. paginya sehabis subuh….. mau melelapkan mata bentaaaar aza….di ruang keamanan.. baru 5 menit….. BUSTELAN???alhamdulillah.

r asa lelah dan ngantuk terbayar karena bertemua keluarga trecinta… taphi jadi ga enak hati… panitia lain pada mondar-mandir, akyu duduk manis bersama ayah and bunda dan adik tercinta….. taphi tetep happy.

sesuatu yang datang pasti harus pulang….. Hati2 dijalan……. berpisah dewh.

selesai Khotmil Juz Amma baru menghadapi Ramadhan… gak kalah seru ceritanya…… taphi nanti dewh ceritanya…… baca terus yawh///

thanks

Read Users' Comments (1)

SesaL…renungan

hy sobat…..dhara lagi kurang enyak buadan nieh.. tapji tetep dipaksa beraktifitas….. mulai seminggu yang lalu….bawaannya lazy getho….. waktunya dihabisin tiduuur aza…. dhara dah 2 kali ga ikut spes bahasa.. ketinggalan materi and latihan toefl dwh… ga papa yang penting istirahat…

kalo diam ngerasa waktu dibuang percuma..sedangkan didepan ada banyak tanggung jawab dan tugas…. banyak teman kerja yang menunggu….. aku ga boleh diam…. biar ku lakukan terbaik tuk semua……

satu pesan dari guruku….

jangan jadi lilin yang mampu menerangi sekitar namun dirinya hancur.

kelas akhir yah……. ga terasa….

ku menyesal mengenall semua ….al hikmah…malhikdua…. semua teman……

karena ku pasti meninggalkan semua.

namun sesal itu hilang ketika ku pelajari semua hikmah….pengalam untuk belajar…… begitu indah….dan memukau… semua ku dapat… hanya disini…. terima kasih semua…. sesalku telah tiada.

Read Users' Comments (6)

terKapar…jadi tamparan

wuiizZZZ…… angin terus berhembus

wuizZZ…membawa debu yang menampar wajah

wuiiZZzz…hanya karena itu aku jatuh

wuiiZzzz…tak da harap itu membantu

menghilang…pergi….takkan kembali…

itu buat ku melambung tinggi…begitu tinggi

lalu buat ku jatuh….hati terkapar…

tinggal luka….

wuizzzZz…ku tak berharap hadir itu lagi.

CINTA

Read Users' Comments (0)

Termakan waktu

15 Juni2009 adalah hari bersejarah tuk mylovely person…he is my father…. karena hari itu hari revolusi umur tuk beliau… pagi hari sieh akyu masih khumpul bareng ma keluarga… bahkan malam 14 masih sempat beli kue bareng adik terganteng.taphi apa daya MASA CUTI kyu dah habies…..must come back to dormintory dewh…… pending lagi nonton KCB padahal hari Senin khan NOMAT…ga papa dewh. siang bareng lulu and my family bareng ke pondok….. wah…….sedieh nieh… coz sepulang pkl ga da arti libur pulang untuk kami( rangers of dormintory) asyiksieh liburan sambil PeeSBeAn……………….

sampai di pondok maghrib….istirahat bentar.langsung pada kembali pulang ke Kota Berintan.

sepi hati kyu……

kehidupan and kegiatan kembali laghi seperti biasa…..

bapak semoga semakin tegar dan sabar…membina keluarga MIARA MULYA….. semakin termakan usia…Kau tetap jantung keluarga…. semoga ALLAH selalu memayungi kami dengan segala kasih dan ridhoNya.. amien

Read Users' Comments (6)

pending KCB_berHikmah

ahad, 14 Juni 2009 diajak jalan ma theman…..kemana yah……….. eh katanya nonton…traktir nieh…. gimana yah……………………………………………..

dipikir dulu donk sebelum bertindhak????

izin orti dhulu dewh. boleh tapi ma sapa??temen…. putra or putri??? emmmm

putri… septiarini ekha wathy. cihuuyyy….

berangkat dari home jam 14.15……. nyampe di Grage di 21.. jam 15.00… langsun beli karciz… taphi…..

MAAF TIKET KCB HABIS (itu yang terpampang di kaca) yah lemez  deh…. ditawarin ma rien nonton Vigin 2 and Sebenanya CInta…. ku jawab OGAH.

tapi dsar rien emng sobatkyu….  di selalu tau pa ku mau… diajak dewh ku ke gudhang bacaan….. namanya….apha yawh…ku lupa. ga beli cieh…chuma liat2 baca2 terus pergi.taphi aku tertarik ma sesuatu benda tuh… jam tangan…. kuppilih hijau dhonk….. winne the pooh… like me…..cute….hehe. eh lewt lagi ada fothoboX….. action deh…..

pulng dewh… taphi rien ngajak kyu beli yang namanya othak2 special..penasaran… kitha beli deh.. tapi jalan kaki kesananya… sekitar 10 menit getho. sampai terus beli…. langsung dimakn disana…..wh wenak nenan… gak rugi tawu…. langsung pulang dengan pesawat GS………

wh diperjalann ngobrol ngalor ngidul…masa2 baheula and berbaghi ceritha…. serhu.

nyampe rumah jam 16.30 yah capek bangth…… pdahal tujuan utama nonton KCB taphi diganti yang lebih seu… lebih asyik….. masalh nonton bisa kapan za… tapi berbagi cerita ma sobat and jalan bareng dia…. susah dicari..pa laghi kita terpisah jarak… mumpung da waktu. Hikmah dri semua…..

alhamdulillah akyu dapat menjad sifat dn tingkah sebagai santikyu… selalu kyu ushakan..dimanapun..kapanpun… dengan siappun. karena nyANtrinya UMAR_behikmah…

Read Users' Comments (1)

 Page 4 of 13  « First  ... « 2  3  4  5  6 » ...  Last »